Komputer Grafik Java
Komputer grafik adalah proses pembuatan, manipulasi, penampilan grafik (2D/3D), citra, animasi dan sejenisnya ke display, layar komputer, printer, maupun devais lainnya.
Ada beberapa hal yang diperlukan dalam belajar pemrograman
grafik, yang meskipun tidak mutlak, dapat membantu lebih mengerti algoritma
grafik.
1.
Akses atau abstraksi ke piksel dalam layar
2.
Cross platfrom untuk melihat efek grafik dalam
berbagai lingkungan
Lingkungan DOS sebenarnya sangat baik digunakan untuk
memahami pembangunan grafik secara low level, namun usaha akan banyak
diperlukan, dari sekedar menggambar titik, sampai berurusan dengan interrupt
untuk mengakses device seperti mouse.
Lingkungan windows memberikan fasilitas yang sangat banyak
untuk melakukan pemrograman grafik, baik 2D maupun 3D, namun umumnya
pemrograman grafik di windows membuat kita tidak bisa melihat bagaimana
algoritma sebenarnya bekerja, karena terlalu banyak hal yang sudah disediakan
oleh windows.
Pemrograman low level grafik (dengan C/C++) dan mengakses
GDI windows atau Direct X terlalu kompleks sedangkan pemrogramman dengan visual
seperti Visual Basic dan Delphi menyambunyikan terlalu banyak hal yang
seharusnya dipelajari dalam komputer grafik.
Java untuk belajar
pemrograman grafik
Java merupakan bahasa yang cross platform, dan sudah
menyediakan primitif grafik 2D dan secara opsional grafik 3D. Java cukup mudah
dipelajari, dan bisa mengakses mode grafik dalam lingkungan manapun ( X
Windows, GDI Windows, dll). Java juga sudah digunakan sebagai sarana pembantu
dalam banyak pemrograman sistem terdistribusi dan sistem operasi.
Shapes/Bentuk
Kelas Grafis mencakup sejumlah besar metode misalnya untuk
menggambar berbagai bentuk, seperti garis, persegi panjang, dan oval. Bentuk
ditentukan menggunakan sistem ( x, y) koordinat.
Berikut adalah daftar dari beberapa metode gambar yang
paling penting. Dengan semua perintah, setiap gambar yang dilakukan di luar
batas komponen diabaikan. Perhatikan bahwa semua metode ini di kelas Graphics,
sehingga mereka semua harus dipanggil melalui sebuah objek dari tipe Grafis.
1.
drawString (String str, int x, int y)
2.
drawLine (int x1, int y1, int x2, int y2)
3.
drawRect (int x, int y, int width, int height)
4.
drawOval (int x, int y, int width, int height)
5.
drawRoundRect (int x, int y, int width, int
height, int xdiameter, int ydiameter)
6.
draw3Drect (int x, int y, int width, int height,
boolean raised)
7.
drawArc (int x, int y, int width, int height,
int startAngle, int arcAngle)
8.
fillRect (int x, int y, int width, int height)
9.
fillOval (int x, int y, int width, int height)
10.
fillRoundRect (int x, int y, int width, int
height, int xdiameter, int ydiameter)
11.
fill3Drect (int x, int y, int width, int height,
boolean raised)
12.
fillArc (int x, int y, int width, int height,
int startAngle, int arcAngle)
contoh coding program nya :
import java.applet.Applet;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.*;
public class gdirve
extends Applet {
public void paint
(Graphics g) {
Font u = new
Font ("TimesRoman", Font.BOLD, 20);
g.setFont(u);
g.setColor(Color.black);
g.drawString("GDRIVE",270,45);
g.setColor(Color.white);
int exese [] =
{100,500,450,150};
int whyse [] =
{200,200,275,275};
int ptse =
exese.length;
g.setColor(Color.blue);
//g.fillPolygon(exes,whys,4);
g.fillPolygon(exese,whyse,ptse);
int exes [] =
{100,250,350,150};
int whys [] =
{200,50,50,275};
int pts =
exes.length;
g.setColor(Color.green);
//g.fillPolygon(exes,whys,4);
g.fillPolygon(exes,whys,pts);
int exesw [] =
{250,350,500,400};
int whysw [] =
{50,50,200,200};
int ptsw =
exesw.length;
g.setColor(Color.yellow);
//g.fillPolygon(exes,whys,4);
g.fillPolygon(exesw,whysw,ptsw);
}
}
Outputnya :
Komentar
Posting Komentar